Memaksimalkan dan Mengoptimalkan baterai notebook

Nih ada tips dari Acer untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan baterai notebook adalah :
Maximizing the battery’s life

Like all other batteries, your computer’s battery will degrade over time. This means that the battery’s performance will diminish with time and use. To maximize your battery’s life, you are advised to adhere to the recommendations set out below.

Conditioning a new battery pack

Before you use a battery pack for the first time, there is a “conditioning” process that you should follow:

1. Insert the new battery without turning the computer on.
2. Connect the AC adapter and fully charge the battery.
3. Disconnect the AC adapter.
4. Turn on the computer and operate using battery power.
5. Fully deplete the battery until the battery-low warning appears.
6. Reconnect the AC adapter and fully charge the battery again.

Follow these steps again until the battery has been charged and discharged three times. Use this conditioning process for all new batteries, or if a battery hasn’t been used for a long time. If the computer is to be stored for more than two weeks, you are advised to remove the battery pack from the unit.

Warning: Do not expose battery packs to temperatures below 0°C (32°F) or above 45°C (113°F). Extreme temperatures may adversely affect the battery pack.

By following the battery conditioning process you condition your battery to accept the maximum possible charge. Failure to follow this procedure will prevent you from obtaining the maximum battery charge, and will also shorten the effective lifespan of the battery.

Memaksimalkan umur baterai

Seperti baterai yang lainnya, performa baterai akan berkurang seiring waktu dan pemakaian baterai tersebut. Nah, untuk memaksimalkan umur baterai, anda disarankan untuk mengikuti saran-saran dibawah ini.

Mengkondisikan baterai baru

Jadi, ketika kita membeli sebuah notebook baru (otomatis baterai nya juga baru), kita harus mengkondisikan baterainya terlebih dahulu. dengan melakukan pengkondisian ini diharapkan kita bisa mendapatkan daya simpan yang maksimal dari baterai.

Caranya,

  1. setelah baterainya kita pasang ke dalam notebook, lakukan pengisian baterai dengan adaptor TANPA menghidupkan notebook tersebut.
  2. Setelah baterai penuh (biasanya ada indikatornya di notebook, misalnya di Acer, tanda baterainya dari kuning berubah menjadi hijau), langsung cabut adaptor secepatnya dan hidupkan notebook (menggunakan tenaga dari baterai).
  3. Gunakan baterai sampai alarm low bat muncul (hampir kosong). Setelah itu matikan notebook dan ulangi siklus ini sampai baterai telah diisi dan digunakan penuh (dikuras) 3 X

Pengkondisian ini juga berlaku bagi baterai yang sudah lama tidak dipakai.

Jika notebook akan tidak dipakai sampai 2 minggu, kita dianjurkan untuk melepaskan baterai, dan menyimpannya di tempat yang bersuhu 10°C sampai 30°C. Suhu yang lebih panas dari 45°C atau lebih dingin dari 0°C akan merusak baterai.

In addition, the useful lifespan of the battery is adversely affected by the following usage patterns:

  • Using the computer on constant AC power with the battery inserted. If you want to use constant AC power, you are advised to remove the battery pack after it is fully charged.
  • Not discharging and recharging the battery to its extremes, as described above.
  • Frequent use; the more you use the battery, the faster it will reach the end of its effective life. A standard computer battery has a life span of about 300 charges.

Dan juga, daya simpan baterai akan berubah jika kebiasaan pemakaiannya yang kurang baik, seperti

  • Menggunakan listrik AC secara konstan (tetap). Jika anda ingin menggunakan listrik AC secara tetap / lama, disarankan untuk mencopot baterai setelah baterainya penuh.
  • Tidak mengisi baterai sampai benar² penuh dan menggunakan baterai sampai hampir habis. Jadi disarankan untuk mengisi baterai sampai benar² penuh dan menggunakan baterai sampai hampir habis.
  • baterai mempunyai masa pakai optimal sampai sekitar 300 kali pengisian ulang. semakai sering dipakai, semakin cepat baterai itu mencapai akhir dari masa pakai optimalnya.

Optimising battery life

Optimizing battery life helps you get the most out of battery operation, prolonging the charge/recharge cycle and improving recharging efficiency. You are advised to follow the suggestions set out below:

  • Purchase an extra battery pack.
  • Use AC power whenever possible, reserving battery for on-the-go use.
  • Eject a PC Card if it is not being used, as it will continue to draw power (for selected model).
  • Store the battery pack in a cool, dry place. The recommended temperature is 10°C (50°F) to 30°C (86°F). Higher temperatures cause the battery to self-discharge faster.
  • Excessive recharging decreases the battery life.
  • Look after your AC adapter and battery.

Mengoptimalkan umur baterai

Mengoptimalkan umur baterai akan membuat anda dapat memanfaatkan baterai lebih lama. Untuk mengoptimalkan umur baterai, anda disarankan untuk mengikuti saran-saran dibawah ini.

  • Beli baterai tambahan (bagi yang punya uang lebih :D )
  • Gunakan listrik AC bila memungkinkan. Simpan baterai untuk berpergian.
  • Simpan baterai di tempat yang kering dan sejuk. Disarankan suhu tempatnya 10°C sampai 30°C. Suhu yang lebih tinggi akan menyebabkan listrik pada baterai berkurang sendiri lebih cepat.
  • Proses charge yang berlebihan akan mengurangi umur baterai.
  • Peliharalah baterai dan charger nya (jauhkan dari air, simpan di tempat yg sejuk)

*sumber : Manual Book Notebook Acer 4520 (Diterjemahkan Oleh Fadli Reza )

Tips tambahan untuk pengguna Windows (klo yang ini bukan dari manual) :

Jika notebook anda tidak dilengkapi dengan software khusus untuk mengatur dan memperlihatkan status baterai dari produsen (misal : Acer Empowering) , anda bisa menggunakan manajemen power (baterai) bawaan xp.

Dalam keadaan standar, biasanya icon power options (yang gambarnya colokan listrik ato baterai) akan menghilang begitu anda melepaskan adaptor dan menggunakan baterai, sehingga anda tidak bisa dengan mudah mengetahui sisa daya baterai anda. untuk mencegah hal ini, buka Control panel, Power Options, Advanced. kemudian centang (silang) di pilihan “Always show icon on taskbar“. Setelah itu icon power options tidak akan menghilang lagi dan anda bisa dengan mudah mengetahui keadaan baterai.

Untuk manajemen power (baterai) bawaan xp, anda tinggal meng-klik sekali di icon tersebut, kemudian pilihan setting pengaturan power akan muncul.

Semoga bermanfaat

Info : http://kodokngeblog.wordpress.com/

Posting Komentar untuk "Memaksimalkan dan Mengoptimalkan baterai notebook"