Mengatasi LCD Tablet Acer Iconia B1-A71 yang Bermasalah

BISMILLAH - 


Okeh kembali lagi bersama sayah di channel yang samah, he3. Kali ini ane mo share sedikit pengalaman bersama tablet acer yang bermasalah lcd nya. 

Jadi alkisah begini ceritanya para pemirsah, semalem tuh tablet ane "Acer Iconia B1-A71" tidak memperlihatkan hal-hal yang mencurigakan, fine-fine aja alias sehat wal afiat, laaaah pas keesokan harinya sensitive pada lcd tablet ane jadi ngaco kelas berat, digeser kesono kagak mau, pijit sono pijit sini ngawur, pilih aplikasi yang ini kagak nyangkut-nyangkut, pokoknya ngawur dah .... ih bikin eike jadi galau ... wakakakak, kesel-kesel-kesel kalo kata "emon" mah :).

so makanya ane buat tutorial singkat tentang cara "MENGATASI LCD TABLET ACER ICONIA B1-A71 YANG BERMASALAH", "MENGATASI LCD TABLET ACER ICONIA B1-A71 YANG SENSITIVENYA BERKURANG", "MENGATASI LCD TABLET ACER ICONIA B1-A71 YANG ERROR"

oh iya ini udah ane praktekin sendiri and Alhamdulillah 100% berhasil, gak cuman di tablet acer iconia b1-a71 tapi ane coba juga di tablet epad yang lcd sudah kurang sensitive (baru dua tablet sih), nah buat tablet yang lainnya silakan x-periment sendiri deh :)

ada 3 cara yang ane pake buat repair sensitive lcd tablet ane

1. Hard Reset

cara pertama yang ada dalam pikiran ane, coba lakuin Hard Reset dulu ah, yaaaah barang kali setelah di Reset jadi normal lagi tuh tablet. Dengan harap-harap cemas seperti sedang menunggu apalah-apalah gitu kalo kata mpok iis dahlia mah :) ... ternyata belum berhasil juga pemirsah :(

cara Hard Reset Tablet Acer Iconia B1-A71

Pada kondisi tablet tidak hidup / mati, nyalakan kembali tablet tersebut dengan menekan secara bersamaan tombol POWER dan tombol VOLUME UP (Power + Volume Up), kalau sukses maka akan terlihat seperti tampilan gambar dibawah. Gunakan Tombol Power untuk memilih, dan tombol Volume Up/Down untuk geser atas bawah. 
Pilih Menu [SD Image Update Mode]

Pilih Menu wipe data/factory reset
Pilih Yes -- delete all user data

Selanjutnya ikuti hingga proses delete all user data selesai. 

Selesai cara pertama ini, cobain deh sensitive LCD tabletnya udah fix / kembali normal lagi atau belum??? kalo sudah kembali normal berarti sukses, tetapi kalo belum berarti silakan beranjak menuju cara ke-2. :)

2. Bongkar Tablet

untuk cara ke-2 ini agak ngeri-ngeri sedap pemirsah, soalnya butuh bongkar-bongkar sedikit chasing belakang dari tablet ane, tapi tak mengapalah demi sebuah pengalaman yang berharga :) he3. Oh iya penutup belakang tablet ini gak ada BAUTnya ... ya, jadi gak usah di cari-cari, ya mirip-mirip NetBook HP lah (upss sory nyebut merek. he3) cara ngebongkarnya. Peralatan yang ane butuhkan juga cukup sederhana, hanya obeng minus (-) doang kok :), kalo gak punya obeng minus boleh juga pake KUKU ente pade kalo kuat ... wew ...

penampakan bagian belakang tablet acer

penampakan bagian depan tablet acer + obeng minus

Gunakan obeng minus untuk membongkar chasing tablet, pelan-pelan cuy ... jangan buru-buru, apalagi kalo baru pertama kali ngebongkar :). Congkel sedikit demi sedikit bagian pinggir chasing tablet hingga terbuka, good luck ya.


chasing udah terbuka
lebih detail, perhatikan bagian yang ditandai warna merah

Perhatikan bagian yang ane beri tanda merah, permasalahan tablet ane ada disitu, perhatikan slot, kabel, dan kait pengunci yang di kiri dan kanan. 

1. Kencangkan kait pengunci kabel seandainya ada yang kendor
2. Kencangkan kabel dengan cara mendorong pelan-pelan masuk kedalam slot seandainya kendor
3. Bersihkan kabel seandainya kotor

perhatikan bagian yang ditandai merah
Jika sudah jangan tutup terlebih dahulu tabletnya, tapi coba hidupkan kembali dan cek LCD nya sudah OK atau belum??? Nah sampai dengan cara ke-2 ini Alhamdulillah sudah kembali normal lagi tablet ane, jikalau belum coba ulangi lagi dengan menekan-nekan secara perlahan bagian yang diberi tanda merah kotak dan tanda merah bulat pada gambar diatas. Kalo masih belom berhasil juga lanjut ke cara ke-3 ya .... 


3. Ganti LCD / bawa ke service center terdekat

nah ini merupakan pilihan terakhir kalo cara 1 & 2 gagal, silakan browsing di toko-toko online untuk membeli LCD tablet acer, kisaran harga 200.000an deh, tapi kalo mau lebih amannya silakan bawa ke service center terdekat.


selamat ber-XPERIMENT and good luck
-- Keep Smile :) Let's Learn & Share to Increase Our Knowledge --
Dona Nuryahya / Adon Cendekianet
www.donanuryahya.com

*Resiko ditanggung penumpang :)

Posting Komentar untuk "Mengatasi LCD Tablet Acer Iconia B1-A71 yang Bermasalah"